Minggu, 15 November 2015

Myta Chintya Hombink. Definisi Teori Belajar Humanistik


Teori belajar Humanistik

       Pada teori ini  lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Pedekatan ini melihat kejadian, yaitu bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif. Kemampuan bertindak positif  ini yang disebut sebagai potensi manusia dan para pendidik yang beraliran humanisme biasanya memfokuskan pengajarannya pada pembangunan kemampua positif ini. Kemampuan positif erat kaitannya dengan pengembangan emosi positif yang terdapat dalam domain afektif. Emosi adalah karateristik yang sangat kuat yang tampak dari para pendidikj beraliran  humanisme. 

      menurut teori humanistik, proses belajar harus dimulai untuk kepentingan dan memanusiakan manusia itu sendiri. dalam terori ini sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses belajar itu sendiri. teori ini lebih banyak membicarakan tentang konsep-konsep pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan, serta tentang proses belajar dalam bentuknya paling ideal. Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik pada pengertian belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman tentang proses belajar sebagimana apa adanya, seperti yang selama ini di kaji oelh teori-teori belajar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar